Dampak Gempa 2006 : Rumah Berukuran Kecil

Posted by priwit on 22.06.00

Gempa bumi di wilayah Bantul tahun 2006 lalu dampaknya luar biasa. Menurut laporan, tercatat 6.234 orang meninggal dunia, 36.300 orang luka-luka, 154.000 rumah hancur total dan 260.000 rumah rusak. Selain rumah tempat tinggal, banyak juga fasilitas umum seperti gedung sekolah, perkantoran, pertokoan dsb yang rusak atau bahkan hancur. 



Dampak dari bencana gempa bumi yang dahsyat tersebut, saat ini bangunan rumah tinggal masyarakat Bantul umumnya berukuran lebih kecil.
Ukuran bangunan rumah tinggal yang relatif kecil tersebut menimbulkan kesulitan baru ketika mempunyai hajatan yang membutuhkan ruangan cukup besar. Biasanya, bagi masyarakat yang tidak mempunyai bangunan rumah cukup besar terpaksa menyelenggarakan hajatan dengan memanfaatkan halaman dan bahkan terpaksa memanfaatkan ruas-ruas jalan di sekitarnya. Kondisi tersebut tentunya menimbulkan ketidaknyamanan bagi tuan rumah maupun tamu undangan, bahkan masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu, kondisi tersebut mendorong perlu disediakannya fasilitas gedung pertemuan yang representatif dengan harga sewa terjangkau.


Saat ini di wilayah Kecamatan Bantul dan sekitarnya dirasakan masih sangat kurang tersedianya gedung-gedung pertemuan yang representatif dan cukup luas dengan fasilitas yang memadai, terutama mengenai area parkir dan kenyamanan gedung. Pada umumnya gedung-gedung pertemuan yang ada di wilayah kecamatan Bantul tidak menyediakan area parkir yang memadai sehingga kendaraan tamu undangan terpaksa diparkir di pinggir-pinggir jalan  yang mengganggu arus lalu lintas umum. Selain itu, gedung yang ada tidak didesain dengan baik misalnya atap kurang tinggi, atap dari bahan logam, sirkulasi udara tidak baik ataupun tidak dilengkapi fasilitas AC, sehingga menyebabkan suasana di dalam gedung tidak nyaman (panas dan pengab) dan sangat mengganggu kenyamanan tamu undangan.


Berdasarkan pada analisis situasi dan kondisi yang ada tersebut, maka kami mencoba memberikan alternatif fasilitas layanan gedung yang memadai dan representatif  dengan menyediakan fasilitas parkir, suasana yang nyaman dan berlokasi di pusat kota Bantul untuk melayani masyarakat kecamatan Bantul dan sekitarnya.